Kinantiarin's Blog

CARA MERAWAT RAMBUT

  1. Aturlah waktu untuk membersihkan rambut

Agar kebersihan rambut terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut dua hari sekali. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.

  1. Pilihlah shampoo yang cocok

Disarankan untuk membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut.

  1. Pilihlah sisir yang tepat

Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisiri rambut secara lembut, bila tidak maka rambut malah rusak dan rontok.

  1. Gunting rambut secara teratur

Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan kita untuk menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering

  1. Konsumsilah makanan yang bergizi

Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok.

  1. Ikatlah rambut saat berolahraga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan, namun aktivitas itu juga berpotensi merusak rambut. Gunakanlah ikat kepala atau bando pada saat berolahraga. Selain tampil lebih gaya, rambut pun lebih terjaga. Bila menggunakan penutup kepala atau bandana, pilihlah yang cepat menyerap keringat sehingga tidak menumpuk di kulit kepala, karena endapan keringat yang mengering dapat merusak akar rambut.

  1. Jauhkan rambut dari sinar matahari

Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari karena terik matahari dapat merusak rambut. Gunakan topi atau payung saat bepergian di tengah terik matahari,

  1. Gunakan penutup kepala saat berenang

kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum Anda masuk ke kolam, pada saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut.

  1. Hati-hati saat mengeringkan rambut

Sebaiknya tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut, karena menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: