Kinantiarin's Blog

BAURAN PEMASARAN PADA PT. BANK DKI

  1. 1.      Produk

Penting diperhatikan dalam desain dan produk jasa Bank adalah atribut yang         menyertai seperti pelayanan. Komitmen untuk memberikan layanan terbaik menjadi        fokus perhatian Bank DKI terutama bagi nasabah. Mengelola bisnis bagi Bank DKI          tak sekedar berorientasi profitabilitas tetapi mewujudkan kemudahan, keamanan dan           kenyamanan bertransaksi terus diupayakan melalui berbagai program.

Sebagai bank yang konsisten mencapai tujuan perusahaannya, Bank DKI terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Terbukti dengan beberapa penghargaan yang diraih, termasuk diantaranya penghargaan sebagai  Brand Equity Champion of Regional Bank dalam Indonesia  Brand Awards Champion Tahun 2012 dari MarkPlus Inc,  The Best In Building  and Managing Corporate Image untuk kategori Regional  Government  Bank dalam Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC)  Award 2011 dari Frontier  Consulting,  majalah Bloomberg BusinessWeek dan Majalah InfoBank,  The Best Admired Banking Company for Customer Satisfaction kategori Bank Pembangunan Daerah dengan pelayanan prima dari Property & Bank dan Aliansi Jurnalis Property & Keuangan serta penghargaan sebagai Perusahaan Terpercaya berdasarkan  Corporate Governance Perception Index dalam  The Most Trusted Company 2011. Penghargaan ini semakin mendorong Bank DKI untuk terus mengelola layanan dan penyempurnaan penerimaan dan umpan balik keluhan, pengaduan dan pertanyaan dari para nasabah dan calon nasabah. Komitmen ini kami maknai sebagai  Service Excellence.

Menyadari pentingnya perlindungan nasabah yang juga turut didukung oleh regulator perbankan ataupun lembaga konsumen, Bank DKI menyediakan banyak saluran komunikasi kepada nasabah Bank DKI dalam menyampaikan pengaduan, keluhan, nasabah, serta kritik, masukan dan saran. Perlindungan ini pun turut mencakup aspek informasi khususnya yang menyangkut mengenai produk dan layanan perbankan Bank DKI. Bank  DKI senantiasa menindaklanjuti hal tersebut dalam bentuk penyelesaian permasalahan yang akanditindaklanjuti oleh kantor layanan ataupun unit kerja terkait sedangkan untuk aspek 5 komunikasi dengan nasabah terkait informasi, dikelola oleh Corporate Secretary berkoordinasi dengan unit kerja terkait.

 

  1. 2.      Price

Pengertian harga dalam produk dan jasa Bank, bisa berupa kontra prestasi dalam bentuk suku bunga. Salah satu bentuk suku bunga pada bank dki adalah deposito Simpanan dalam mata uang rupiah dengan jangka waktu : 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan dapat diperpanjang (Automic Roll Over) dengan tingkat suku bunga disesuaikan dengan jangka waktu deposito yang bersangkutan. Nasabah mendapatkan bunga deposito pada saat jatuh waktu penarikan atau pencairan.

Simpanan berjangka dalam mata uang rupiah dengan waktu tertentu berdasarkan jangka waktu tertentu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dengan nominal tertentu yang penarikannya atas unjuk (tidak atas nama) sehngga dapat diperjual belikan kepada pihak ketiga. Nasabah mendapatkan bunga yang diperhitungkan di muka (bunga diskonto).

Simpanan dalam mata uang rupiah, dengan jangka waktu kurang dari 1 bulan. Pencairan pokok dan bunga deposito dilakukan berdasarkan permintaan tertulis dari nasabah deposan minimal 1 (satu) hari sebelumnya atau ditentukan lain. Nasabah mendapatkan bunga deposito pada saat jatuh waktu penarikan atau pencairan.

  1. 3.      Promosi

Promosi Dalam rangka kegiatan mensosialisasikan dan mempromosikan keberadaan UUS Bank DKI serta memperkenalkan produk-produk pembiayaan, pendanaan dan jasa-jasa lainnya kepada masyarakat secara luas, maka dilakukan beberapa langkah komunikasi dan promosi melalui beberapa media, diantaranya yaitu:

1.  Website

UUS Bank DKI memiliki  website dengan alamat  domain   http://www.bankdkisyariah.co.id. Website ini secara rutin dilakukan pengkinian            dengan data-data dan informasi terbaru mengenai  UUS Bank DKI sehingga       yang ada bisa diakses oleh publik secara cepat dan akurat.

2. Media Cetak

Promosi dilakukan melalui pemasangan iklan UUS Bank DKI di     beberapa media cetak antara lain :  Majalah Sharing, Majalah Sabili, Harian            Republika, Koran Bisnis Indonesia, Koran Monitor Depok, Tabloid Haji &         Umrah, Buku Panduan Administrasi Haji DEPAG, Direktori Perbankan       Syariah IAEI,  Newsletter komunitas-komunitas (seperti, Yayasan PPPA    Darul Qur’an, dll) dan lain-lain.

3. Media Elektronik

Promosi dilakukan melalui pemasangan iklan serta wawancara di     beberapa media elektronik, antara lain :  Radio Alaikassalam (RAS FM), Pop           FM, Ria FM, Lite FM, Sabili AM, Radio Gemma Annisa, Website Republika    online, Website Eramuslim dan lain-lain.

4. Pameran

Pameran yang diikuti oleh UUS Bank DKI dalam rangka promosi   antara lain : Pameran dalam Rumah iB bersama Bank Indonesia dalam      kegiatan Real Estate   Indonesia (REI) Ekspo 2010, Pameran bersama dalam          Booth Kompartemen Syariah Perbanas pada acara APCONEX 2010, Pameran          dalam rangka penarikan undian Tabungan Monas bekerjasama dengan Bank           DKI Konvensional, Pameran bersama Bank DKI Konvensional di Pekan Raya   Jakarta 2010, Pesta Buku Jakarta tahun 2010, serta kegiatan pameran lainnya.

 

  1. 4.      Place (saluran distribusi)

            Saluran distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi, saluran distribusi dapat dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti telepon dan jaringan internet.Contoh saluran distribusi yang dilakukan PT Bank DKI adalah bekerjasama dengan Universitas Gunadarma meresmikan Bank Mini yang terletak di Kampus Simatupang pada tanggal 1 Oktober 2012. Kedua belah pihak sepakat bekerjasama untuk memanfaatkan Bank Mini tersebut untuk kepentingan edukasi perbankan, terutama bagi mahasiswa, pegawai bank, dan masyarakat. Fasilitas tersebut menjadi cikal bakal pembentukan E-Banking Training Center di Universitas Gunadarma.

 

  1. 5.      People.

Ciri bisnis bank adalah dominan nya unsur personal approach, baik dari jajaran front officeback office sampai tingkat manajerial. Para pekerja Bank dituntut untuk melayani nasabah secara optimal. Karyawan memiliki jalur karir yang jelas dan kesejahteraan yang baik.

 

  1. 6.      Process

Meliputi sistem dan prosedur, termasuk persyaratan ataupun ketentuan yang diberlakukan oleh Bank terhadap produk dan jasa Bank. Sistem dan prosedur akan merefleksikan penilaian, apakah pelayanan cepat atau lambat. Pada umumnya nasabah lebih menyenangi proses yang cepat, walaupun bagi Bank akan menimbulkan risiko yang lebih tinggi. Penggunaan teknologi yang tepat guna serta kreativitas yang prima diperlukan, untuk suatu proses yang cepat namun aman.

            Bank DKIMenyediakan produk dan layanan yang lengkap dengan dukungan Teknologi Informasi yang unggul. Memberikan layanan yang efektif dan efisien dengan risiko yang dapat diterima. Cepat dan tanggap dalam menangani pengaduan nasabah dan memberikan solusi beragam termasuk cross sellingsecara professional. Memiliki karyawan yang terlatih dengan kemampuan untuk memberikan informasi yang berkualitas

 

  1. Physical evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik berkaitan dengan peralatan dan sarana yang mendukung pelayanan.

Bank DKI memiliki Cabang Utama di daerah Djuanda. Melalui cabang utama tersebut Bank DKI diharapkan dapat memberikan perhatian yang lebih besar terhadap cabang-cabang dibawahnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: